July 23, 2019 Menjaga kesehatan bayi berawal dari hal-hal sederhana

Menjaga kesehatan bayi berawal dari hal-hal sederhana

Bunda, mari wujudkan kasih sayang dengan menjaga kesehatan bayi sejak ia baru berusia 1 hari, bahkan 1 menit.

Saat bayi keluar dari rahim ibunya, ia mengalami pergantian suasana di sekitarnya.

Jika sebelumnya ia merasa hangat dan terlindungi di dalam sana, kini ia harus hadapi dunia luar yang lebih “kejam”.  Ada banyak suara, udara sekitar pun jadi lebih dingin.

Bayi baru lahir sedang menghadapi masa transisi. Maka tidak heran jika kesehatan bayi di usia ini sedikit lebih rentan daripada bayi yang usianya lebih tua.

Upaya menjaga kesehatan bayi sejak usia 1 hari itu penting, karena masalah kesehatan yang ia alami di usia ini bisa berdampak jangka panjang.

Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan bayi sejak ia berusia 1 hari.

1. Cuci tangan sebelum menyentuh bayi

Penyakit bisa menular lewat sentuhan. Maka biasakan selalu mencuci tangan sebelum menggendong bayi atau sesudah mengganti diapernya.

Anda juga sebaiknya mencuci tangan sesudah BAK/BAB, atau sepulang bepergian. Terapkan aturan yang sama pada siapapun yang hendak menyentuh bayi Anda.

2. Sediakan cairan antiseptik pencuci tangan (hand sanitizer)

Sediakan cairan antiseptik pencuci tangan (hand sanitizer)di rumah. Bujuk siapapun yang ingin menyentuh bayi Anda untuk menggunakannya terlebih dahulu.

Ini berlaku untuk Anda sendiri. Letakkan cairan itu di dekat ranjang bayi, sehingga mudah dijangkau saat ingin menyentuh si bayi.

3. Hanya boleh menyentuh kaki bayi

Katakan dengan sesopan mungkin, para tamu hanya boleh menyentuh kaki bayi. Demi kesehatan bayi, mereka tidak boleh menyentuh tangan dan wajah bayi.

4. Dilarang mencium

Tangan si tamu mungkin sudah bersih, namun bagaimana jika ada penyakit dalam tubuhnya yang bisa menular melalui udara, air liur, atau sentuhan langsung dengan bagian dalam atau luar mulut?

Baca juga : Bayi 1 Bulan Tertular Virus Herpes Karena Dicium Tamu

5. Imunisasi

Bayi baru lahir biasanya akan mendapat imunisasi Hepatitis B sebelum dibolehkan pulang (jika Anda bersalin di rumah sakit atau puskesmas).

Baca juga 5 Imunisasi Dasar Lengkap yang Perlu Bunda Ketahui untuk penjelasan selengkapnya tentang jenis dan jadwal imunisasi sesuai usia bayi Anda.

6. ASI

Kita sudah paham tentang manfaat ASI bagi kesehatan bayi secara fisik maupun mental. ASI membantu membentuk kekebalan tubuh bayi dan melawan radang serta infeksi.

ASI juga berperan dalam perkembangan mental anak sejak ia berusia 1 hari.

Jangan berhenti menyusui bayi saat Anda terserang pilek atau batuk. Jika khawatir bayi Anda tertular, gunakan masker saat menyusuinya. Susu formula sebaiknya menjadi solusi terakhir saja.

7. Memeluk dan mencium

Riset menyimpulkan, perilaku orangtua saat mengasuh bayi pada 1001 hari pertama mempengaruhi perkembangan otak bayi.

Bayi dengan perkembangan otak yang sehat akan tumbuh menjadi individu bahagia dan sukses.

Di samping kesehatan fisik, kesehatan mental bayi juga perlu kita jaga baik-baik.

Memeluk, mencium, bercanda dan berbicara pada bayi bisa Anda lakukan agar ia merasa dicintai dan diterima. Baca juga : Tips Bermain Bersama Bayi Untuk Orangtua Baru.

Parents, mana di antara cara menjaga kesehatan bayi di atas yang belum Anda lakukan?

Referensi : WebMDHuffington Post
Wishlist 0
Continue Shopping
Cleobabys

FREE
VIEW